18 Indie Game terbaik, Salah Satunya ada Indonesia Cuy

Photo dari Steam

Banyaknya game yang berterabar pada platform seperti Microsoft store game, Playstation store, Steam dan lainnya menjual game AAA yang tak jarang game yang berskala besar seperti game tersebut tidak bisa memuaskan rasa penasaran dari para player.

Game indie sebagai developer game skala kecil hingga menengah mampu untuk memberikan pengalaman yang permainan game yang berbeda sehingga memiliki variasi yang memberikan perasaan berbeda ketika meminkan game indie, hal ini membuat perkembangan dari game indie cukup pesat. 

Tapi tidak semua game indie bisa memberikan kepuasan yang sama, disini saya merekomendasi dan merangkum beberapa game indie yang bisa kalian mainkan baik di mobile maupun PC :

1. Stardew Valley ( Xbox, Linux, Microsoft Windows, Playstation 3/4/5, Ps vita, macOS, Macintosh, Nintendo Switch)
Photo dari Steam

Bagi kalian yang pernah memainkan game simulasi harvest moon, gk akan asing dengan konsep game ini. Game dengan konsep simulasi bertani memberikan perassan santai dan relax, para pemain bisa memainkan di platform  

2. Coral Island (PC, PS5, Xbox series X/S)

Photo dari Steam

Salah satu game ini dengan grafis art yang baik dengan menghadirkan pengalaman simulasi bertani dan terdapat event yang memberikan sentuhan baru yang gak didapat dari game lain.  Coral Island bisa kalian beli di Steam dengan harga Rp. 245.999.

3. Minecraft (Android, Mac Os, windows, Nintendo switch, IOS, Xbox one, Xbox X/S, PS4/5)

Photo dari Steam

Minecraft salah satu game indie terbaik untuk saat ini, game yang mengusung tema survival, crafting, action mampu membawa para pemain ke dunia pixel dengan imajinasi yang bisa kalian dapatakn dari game ini. Minecraft memiliki banyak series yang bisa menjadi pilihan untuk game indie.

4. Kena : Bridge of Spirit (PlayStation 5, PlayStation 4, Microsoft Windows)
Photo dari Steam

Game yang memasukan budaya Indonesia juga menggunakan musik khas seperti gamelan dan angkulung ini memberikan pengalaman bermain menjadi lebih menarik. Kena : Bridge of Spirit mendapatkan penghargaan sebagai Best Independent Game dan Best Debut Indie pada gelaran The Game Award 2021. Game ini bergenre adventure dan action yang  harus kalian coba.

5. Stray (PlayStation 5, PlayStation 4, macOS, Xbox One, Xbox Seri X dan Seri S, Microsoft Windows, Sistem operasi Macintosh)

Photo dari Steam

Kalian yang penggemar kucing harus memainkan game Stray. Game ini akan membawa para player berjalan ke tempat yang menarik dengan perspektif sebagai kucing dan sentuhan story dari Stray yang mampu membius pada player memainkan game indie satu ini. 

Bertemakan Adventure, Puzzle, Simulasi juga berhasil masuk kedalam beberapa nominasi seperti best game 2022, best art direction 2022, best debut indie game 2022, best action/ adventure 2022 dan banyak lagi.

6. Dave the Diver (Nintendo Switch, PlayStation 5, PlayStation 4, macOS, Microsoft Windows, Steam OS,  Macintosh)
Photo dari Steam

Game wajib yang harus dimainkan di tahun 2024 ini. Game ini seperti halnya game pixel Stardew Valley sebagai game santai dan relax terbaik 2023 dari Steam Awards. Dave the Diver memberikan pengalaman menyelam menangkap ikan dan menjualny untuk dijadikan makan jepang siap saji dan story dari game ini juga yang terkesan mudah dicerna.

7. Troublemaker (Xbox One, Microsoft Windows, Xbox Seri X dan Seri S)

Photo dari Steam

Troblemaker dikembangkan oleh gamecom team, salah satu pengembang dari Indonesia yang berhasil membuat game begenre RPG, single player, Adventure dan action yang berkonsep pertarungan antar anak sekolah untuk menjadi yang terbaik. Game ini lagi dalam pengembangan untuk seriesnya yang kedua

8. A Space For the Unbound (Microsft windows, Nintendo switch, PS4/5, Xbox one, Xbox X/S, Macintosh)

Photo dari Steam

Siapa yang gak tahu game Indonesia satu ini. A Space For the Unbound masuk kedalam nominasi The Game Award - Games for Impact Award, menjadi suatu kebanggaan untuk game Indonesia bisa masuk dalam nominasi dan story yang baik dari game bisa membuat seorang menangis dengan ceritanya.

9. Valheim (Linux, Xbox One, Xbox Seri X dan Seri S, Microsoft Windows)

Photo dari Steam

Rekomendasi game bergenre survival, crafting dan action. Game ini layak sebagai game rekomendasi yang dan menjadi salah satu game popular, bertemakan pada zaman viking untuk bertahan hidup dari hewan liar dan monster myth yang bisa membunuh player.

10. Goat simulator (PlayStation 3/4/5, Nintendo Switch, Android, Xbox One, Mac os, Linux, Windows, PS4, Xbox 360, Xbox cloud gaming)

Photo dari Steam

Simulasi game menjadi kambing, dengan kegilaan yang bisa kalian mainkan seperti terbang dengan rocket, menyeruduk orang dan misi-misi lainnya yang bisa kalian lakukan sehingga mendapatkan achivment. Goat simulator memilki beberapa franchise yang bisa kalin coba juga.

11. Five night at Freedy’s (Android, Nintendo Switch, PlayStation 4, Xbox One, Microsoft Windows, iOS, Windows Phone)

Photo dari Steam

Horror game yang bertemakan badut pada salah satu tempat terkenal anak-anak. Game ini memiliki beberapa series yang bisa kalian mainkan bagi kalian yang menyukai horror game ini bisa menjadi game horror yang menarik.

12. Cuphead (Nintendo Switch, PlayStation 4, Microsoft Windows, Xbox One, macOS, Sistem operasi Macintosh)

Photo dari Steam

Retro game yang dibawa kembali untuk nostalgia kembali konsep jaman dulu atau tahun 80’s. Cup head bisa kalin mainkan berasama teman kalian dan melewati tantangan yang diberikan. Kesulitan pada game bisa kalian atur agar tidak teralu susah dan bisa juga untuk.

13. Lethal Company (Microsoft Windows, Xbox)

Photo dari Steam

Berpetualang bersama teman mencari barang yang bisa di jual kepada perusahaan untuk mendapatkan uang diperlukan pada game agar tidak dipecat dari perusahaan salah satu dari objektif game lethal company. Bergenre action, adventure, horror, Multi-player dan online co-op kalian akan dihadang sama monster yang berusaha membunuh kalian ketika mengumpulkan barang.

14. Amoung us (Nintendo Switch, PlayStation 4/5, Microsoft Windows, Xbox One, Xbox X/S, macOS, Macintosh) 

Photo dari Steam

Game yang pernah viral pada tahun 2018 menjadi game indie terbaik multi-player dan terbaik untuk game mobile dari The Game Awards 2020. Konsep game Multiplayer online, Survival,  dan party mengharuskan player memperbaiki sebuah kapal untuk bertahan hidup dan menebak siapa imposter pada player yang mensabotase kapal.

15. Palword (Xbox One, Xbox Seri X dan Seri S, Microsoft Windows, Playstation 4/5) 

Photo dari Steam

Sebuah game yang meledak saat perilisannya, yang berhasil terjual sebnayka 6 juta kopi pada seminggu perilisannya. Palworld mengambil konsep game Ark survival dan Pokemon, para player bisa crafting, survival, action dan menangkap monster yang dimasukn ke dalam bola monster. Menjadi game yang bikin kecanduan, kalian harus emmainkan game ini

16. Terraria ( Xbox, Linux, Microsoft Windows, Playstation 3/4/5, Ps vita, macOS, Macintosh, Nintendo Switch)

Photo dari Steam

Pixel game berkonsep survival, crafting layaknya game stardew valley dan Minecraft. Game ini bisa berburu monster untuk mendapatkan reward seperti pedang atau barang lain yang mampu mempermudah melawan monster lain.

17. Lies of P (PC, Mac, PS4, PS5, Xbox one, Xbox series X/S) 

Photo dari Steam

Tipe game hack of slash mirip seperti game elden ring memiliki monster yang bervariasi untuk kalian lewati atau basmi, agar bisa melanjutkan ke stage berikutnya. Game ini memilki kesulitan yang merepotkan bagi kalian yang tidak suka bermain genre hack of slash. Lies of P bisa menjadi salah satu game indie yang bisa kalian coba untuk mainkan.

18. Sons of The Forest (Microsoft windos, Playstation, Xbox)

Photo dari Steam

Game Survival, Horror, crafting, action, open world dengan cerita bertahan untuk keluar dari pulau yang berpenghuni manusia kanibal dan monster hasil eksperimen. Sons of the forest menjadi game bertahan hidup terbaik yang bisa kalian beli di steam dengan harga Rp. 245.999

Komentar